Senin, 12 Desember 2011

contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar


Indikator



Alokasi Waktu
:
:
:
:

:


:



:
Sekolah Menengah Pertama
Bahasa Indonesia
XI/4
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf.
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

1.    Meyusun sebuah kalimat menjadi sebuah paragaraf
2.    Membuat sebuah paragraf sesuai dengan cara membuat paragraf yang baik
4 x 45 menit (2x pertemuan)


A.     Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraf yang padu.
2.    Siswa mampu menentukan pokok pikiran pada suatu paragraf.
3.    Siswa mampu menyempurnakan paragraf dengan menambah kalimat.
4.    Siswa mampu membuat paragraf berdasarkan kalimat-kalimat yang disediakan.
B.     Materi Pembelajaran
Penyusunan paragraf
C.     Metode Pembelajaran
1.    Ceramah bervariasi
2.    Tanya jawab
3.    Diskusi
4.    Unjuk kerja
5.    Penugasan





1.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)    Siswa membaca teks/bacaan singkat.
2)    Bersama guru mengadakan tanya jawab mengenai isi bacaan, pokok pikiran, dan ejaannya.
3)    Dalam kelompoknya siswa mencoba menyusun suatu paragraf berdasarkan kalimat-kalimat yang
diacak.
4)    Mengadakan tanya jawab dengan guru tentang hasil diskusi.
5)    Secara pribadi siswa membuat paragraf dengan menyusun kalimat-kalimat yang diacak.
6)    Siswa mencoba membuat paragraf sederhana berdasarkan kalimat yang sudah ditentukan.
7)    Secara klasikal guru mengomentarai setiap pekerjaan siswa.
c.    Kegiatan Akhir
Siswa menerima tugas rumah yang diberikan guru.
Pertemuan Kedua
a.  Kegiatan Awal
Tanya jawab dan membahas tugas rumah.
b.  Kegiatan Inti
1)    Siswa membuat paragraf berdasarkan pokok pikiran yang sudah ditetapkan.
2)    Tanya jawab dan membahas paragraf yang telah dibuat dengan penekanan pada penggunaan
ejaan.
3)    Siswa menyempurnakan paragraf dengan menambah kalimat di depan, di tengah, atau di belakang
paragraf yang disediakan.
4)    Siswa dan guru membahas hasil penyusunan/penyempurnaan paragraf.
c.   Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.
2.    Sumber Belajar
a.    Teks bacaan
b.    Gambar-gambar
c.    Alat-alat ukur
d.    Kamus Bahasa Indonesia
e.    Buku Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI, hlm. 15–24, Nunung Yuli Eti dkk., 2006

3.    Penilaian
a.    Teknik                     : Unjuk kerja, penugasan
b.    Bentuk instrument     : Tes, tertulis, dan lisan
c.    Soal                        :
1)    Buatlah paragraf berdasarkan pokok pikiran yang telah tersedia!
2)    Sempurnakan paragraf-paragraf berikut ini dengan menambah kalimat-kalimat di depan, di
tengah, atau pun di belakang paragraf!

Nilai maksimum
Soal No.1            :         5
Soal No 2            :         5       
Jumlah Nilai         :         10


Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :

Nilai Akhir  = Perolehan Nilai Siswa  X   Skor Maksimum (100)
   Nilai maksimum (10)

= ....... (Nilai Akhir Siswa)









 Tarakan, ............................. 2011
 Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,